Tumbuhan Mimba Sebagai Pembasmi Tomcat
Tumbuhan Mimba

Tumbuhan Mimba Sebagai Pembasmi Tomcat

By On Sunday, April 29th, 2018 Categories : Tumbuhan Obat

Serbuan kumbang tomcat menjadikan tanaman mimba populer, di sejumlah daerah di jawa timur daun tanaman mimba ini banyak di cari oleh masyarakat, dari hasil penelitian sejumlah laboratorium pertanian menunjukkan daun mimba memang ampuh untuk mengusir tomcat.

Selain menyembuhkan penyakit, tanaman ini juga sanggup membasmi tomcat. Memang sudah lama tumbuhan yang bernama latin Azadirachta Indica ini digunakan sebagai pestisida ramah lingkungan, cara membuatnya yaitu 8 kg daun mimba diramu dengan 6 kg serai, 6 kg lengkuas, 20 kg deterjen, dan 80 liter air kemudian daun mimba, lengkuas dan serai tersebut ditumbuk halus dan dicampur dengan diterjen, tambahkan 20 liter air dan di aduk sampai rata, setelah itu direndam selama 24 jam lalu saring dengann kain halus. Larutan ini bisa digunakan untuk menyemprot lingkungan rumah atau area yang dihuni tomcat.

Selain digunakan untuk membasmi hama, mimba juga sudah lama dipakai untuk mengobati berbagai ragam penyakit. Untuk anda yang belum tau tanaman mimba, berikut ciri-ciri dari tanaman mimba: tanaman ini dapat tumbuh hingga 20m meter. Kulit batangnya tebal, daun menyirip genap berbentuk lonjong dengan tepi bergerigi dan runcing. Mimba berbuah dua kali dalam setahun, bentuk buahnya oval, jika matang daging buahnya akan berwarna kuning, biji di tutupi kulit keras berwarna cokelat dan didalamnya melekat kulit buah berwarna putih. Daun mimba berasa pahit, tetapi netral atau tidak beracun.

Tumbuhan mimba sebenarnya tumbuhan liar. Namun karena berdaun rimbun dan enak dipandang kini banyak daun rimba yang ditanam di pekarangan rumah. meski demikian asal usul dari tumbuhan ini tidak terlampau terang. Di Indonesia mimba banyak tumbuh di daerah Jawa Barat, Jawa Timur dan Madura. Tumbuhan mimba juga di ketahui memiliki kandungan kimia beragam, diantaranya, sitosterol, hyperoside, nimbolide, quercetin, quercitrin, rutin, azadirachtin, dan nimbine.

Baca Juga :   Tanaman Obat Paling Dicari

Dari sekian banyak kandungan kimia alami pada mimba, konon salah satunya berkasiat sebagai anti kanker Penelitian Duke pada tahun 1997 dan Neem Faondation menemukan adanya kemungkinan mimba dapat digunakan sebagai pembasmi kanker. Di India tanaman yang disebut The Village pharmacy ini banyak digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit, antiinflamasi, demam, anti bakteri, anti diabetes, penyakit kardiovaskular, jerawat dan lever. seduhan kulit batang pohon mimba bisa digunakan untuk obat malaria dan tonikum. Kulit batang yang ditoreh pada waktu tertentu setiap tahun menghasilkan cairan dalamjumlah besar. Di India cairan ini diminum sebagai obat penyakit lambung.

Di Indonesia, daun mimba sudah lama digunakan untuk pengobatan. kini ekstrak daun tersebut banyak dijual di apotik dan toko-toko obat. Kapsul dan tablet daun mimba dijual dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Para ahli tumbuhan obat dan farmasi menyarankan agar masyarakat berhati-hati dalam dalam memanfaatkan mimba, selain harus mematuhi takaran juga diajurkan untuk memanfaatkan mimba segar.

Manfaat lain dari ramuan mimba :

  • Untuk mengendalikan guladarah : Ambil dan keringkan segenggam daun mimba. Rebus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas, saring, dinginkan, lalu diminum sekaligus. lakukan pengobatan dua hingga tiga kali seminggu.
  • Untuk mengobati luka (anti septik) : Ambil segenggam daun mimba segar. Cuci sampai bersih, lalu rebus dengan dua gelas air sampai mendidih. dinginkan dan saring. Gunakan air rebusan ini untuk mencuci luka baru, luka memar, gores dan luka sejenis. Lakukan pengobatan satu hingga dua kali sehari.
  • Untuk pengobatan masuk angin : tujuh lembar daun mimba direbus dengan tiga gelas air hingga tinggal kurang lebih satu gelas. setelah dingin disaring dan diminum tiap pagi dan sore.
  • Untuk mengobati disentri : Ambil segenggam daun mimba segar dan dua jari batang mimba. cuci kedua bahan lalu potong-potong seperlunya. Rebus kedua bahan dengan tiga gelas air sampai tersisa separuh, dinginkan dan saring kemudian tambahkan sedikit gula, aduk sampai rata. Diminum pada pagi, sore dan malam hari.
Baca Juga :   Manfaat Dan Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan
Tumbuhan Mimba Sebagai Pembasmi Tomcat | admin | 4.5