Manfaat dan Khasiat Murbei Untuk Kesehatan
Murbei

Manfaat dan Khasiat Murbei Untuk Kesehatan

By On Sunday, April 29th, 2018 Categories : Manfaat Buah

Nama buah murbei sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan tak jarang tumbuhan satu ini juga ditanam di halaman rumah. Selain sebagai peneduh, buah murbai berasa asam manis banyak disukai orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Murbei pada dasarnya adalah tanaman yang mudah hidup. Tanaman ini mudah pula dikembangbiakan dengan cara stek. Buah murbei saat muda berwarna hijau dan berubah memerah bahkan menjadi hitam saat sudah masak.

Murbei (Morusalba) merupakan tanaman yang habitat aslinya berasal dari tiongkok, kini menyebar luas, dan mudah tumbuh di iklim tropis maupun subtropis. Murbei termasuk dalam famili Moraceae. Letak daun murbei berselang seling, bentuknya bundar telur atau sampai lonjong, pangkalnya berbentuk jantung, tetapi ada juga yang tidak berbentuk jantung. Permukaan daun murbei tidak berbulu, bulunya terdapat pada tulang daun. Tepi daun bergigi, tangkai daun 1-4 cm.

Murbei merupakan tanaman dengan penghasil klorofil yang awalnya dikenal sebagai makanan istimewa ulat sutra. Jika tidak makan daun ini, ulat tidak menghasilkan sutra yang baik.

Murbei sesungguhnya memiliki banyak kegunaan baik itu buah, daun hingga ranting. Buahnya banyak berupa buah buni, berair dan rasanya enak. Daun murbei enak disayur dan berkhasiat sebagai pembersih darah bagi orang yang sering bisulan atau berjerawat.

Manfaat dan Khasiat Murbei Untuk Kesehatan

Selain itu, murbei juga banyak memiliki khasiat sebagai obat. Daunnya dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, diantaranya demam, flu, malaria, batuk, rematik, darah tinggi, kencing manis.

Selain itu, khasiat lain yang bisa didapat sebagai obat untuk penyakit kaki gajah, radang mata merah, memperbanyak asi, muntah darah, batuk, kolesterol tinggi, jantung berdebar, telinga berdengung, sembelit, vertigo dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Manfaat dan Khasiat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Berbagai senyawa kimia yang ditemukan pada murbei adalah ecdysterone, inokosterone, lupeol, B-sitosterol, rutin, moracetin, scopoletin, benzaldehide, aseton, kholine, dan quercetin.

Ranting murbei memiliki kandungan tanin dan vitamin A, sedangkan pada buah ditemukan kandungan cyanidin, isoquercetin, sakarida, asam linoleat asam stearat, serta karoten. Daun murbei sendiri bisa dijadikan teh dan rasanya pun tidak sepahit teh hijau. Teh murbei disebut berkhasiat sebagai obat karena daun tanaman ini mengandung lemak jenuh kolesterol rendah, natrium dan vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium dan zat besi. Sudah sejak lama murbei dikenal sebagai sumber resveratrol, senyawa bersifat anti kanker. Konsumsi teh murbei dapat memblokir penyerapan gula berlebih, serta mengatasi dan menjaga kesehatan penderita diabetes agar tetap terjaga kesehatannya.

Selain itu, mengkonsumsi rutin teh murbei dapat menjaga kesehatan ginjal dan dapat memulihkan stamina, hilangkan panas dalam, mencegah stroke, menyeimbangkan berat badan, dan melancarkan buang air besar, menurunkan pengumpulan lemak di hati, menormalkan tekanan darah, dan menetralkan racun karena bersifat detoksifikasi.

Pada daun murbei ditemukan zat yang dapat mengurangi kadar glukosa. Antioksidan dalam teh membangun sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kolesterol jahat. Penelitian lain yang dilakukan di Jepang dan Thailand menunjukkan daun murbei hijau yang dibuat teh menjadi perisai terhadap tekanan darah tinggi. Antioksidan ini juga dapat mencegah terjadinya kanker dalam tubuh.

Ramuan Murbei

  1. Tekanan darah tinggi. Daun murbei segar sebanyak 15 gram dicuci bersih kemudian direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin air disaring lalu bagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore.
  2. Memperlancar ASI. Daun dimasak sebagai sayur lalu dimakan dengan nasi. Makan setiap hari saat menyusui maka air susu akan banyak dan keluar dengan lancar.
  3. Bisul, jerawat dan radang kulit. Daun segar sebanyak 1 genggam, cuci bersih lalu rebus dengan 2 gelas air, biarkan sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin lalu disaring dan diminum sekaligus. Rebusan daun murbei juga berguna untuk membersihkan darah jika diminum secara teratur.
  4. Digigit ular. Daun murbei segar sebanyak 20 gram, cucui bersih lalu digiling halus, tambahkan 1/2 cangkir air masak, disaring dan diperas, air yang terkumpul bisa diminum sekaligus.
  5. Demam. Daun segar 50 gram direbus dengan 3,5 gelas air selama 15 menit sampai mendidih, dinginkan, kemudian peras dan saring. Minum airnya 3 kali sehari.
  6. Malaria. Daun segar 50 gram direbus dengan 3 gelas air selama 15 menit sampai mendidih, dinginkan, kemudian peras dan saring lalu airnya diminum 3 kali sehari.
Baca Juga :   Manfaat dan Khasiat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan
Manfaat dan Khasiat Murbei Untuk Kesehatan | admin | 4.5