Manfaat dan Khasiat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan
Mahkota Dewa

Manfaat dan Khasiat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan

By On Sunday, April 29th, 2018 Categories : Manfaat Buah

Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa)  adalah tanaman asli dari indonesia yaitu berasal dari Irian Jaya. tanaman atau buahnya ini biasa dijadikan sebagai obat-obatan herbal. Buah mahkota dewa berbentuk bulat agak kecil dengan diameter sekitar 4cm, berwarna hijau ketika belum masak dan menjadi merah ketika sudah masak, daging buahnya berwarna putih dengan biji berwarna cokelat dan memiliki tekstur yang keras.

Pohon mahkota dewa tingginya antara 1 sampai 2,5 meter dengan batangnya yang bulat memiliki kayu dan bergetah, dan permukaannya kasar. Ciri lainnya memiliki daun yang tunggal dengan letak yang saling berhadapan, berbentuk lanset atau jorong, dengan tangkai yang pendek.

Kandungan yang terdapat dalam Mahkota Dewa

Zat yang terkandung dalam buah Mahkota dewa adalah alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol.

  1. Alkaloid adalah detoksifikasi yang dapat menetralisir racun-racun didalam tubuh.
  2. Saponin, berguna sebagai sumber anti-bakteria dan anti-virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula darah, dan mengurangkan pembekuan darah.
  3. Flavonoid, berguna untuk memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah penyumbatan pembuluh darah, mengurangkan kadar kolesterol dan mengurangkan penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, mengandungi anti-inflamasi, anti-oksidan, dan membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan.
  4. Sedangkan polyphenol Mahkota dewa berfungsi sebagai anti histamin (alergi).

 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat Mahkota Dewa

  1.  Manfaat Mahkota Dewa Untuk Darah Tinggi

Bahan:

Daging buah mahkota dewa kering : 5 – 6 iris
Daun sambiloto kering : 10 gram
Daun pegagan kering : 15 gram

Cara pengolahan:
Cuci semua daun kemudian rebus dengan 3 gelas air. Ketika air sudah mendidih dan tinggal setengahnya angkat rebusan tersebut. Supaya bersih saring air hasil rebusan tadi. Disarankan meminum setengah gelas sebanyak 3 kali sehari.