Akupunktur Menunjang Pengobatan Kanker

By On Sunday, April 29th, 2018 Categories : Obat Tradisional

Akupunktur bisa mengembalikan keseimbangan sirkulasi energi tubuh, Sampai saat ini penyakit kanker masih sulit dicari secara pasti apa obatnya, banyak penderita-penderita yang akhirnya ingin mencoba pengobatan alternatif. Salah satunya adalah pengobatan Akupunktur, merupakan suatu teknik pengobatan yang menggunakan media jarum, gelombang elektrik dan sinar laser.

Akupunktur bisa mengembalikan keseimbangan sirkulasi energi tubuh, dengan merangsang titik-titik akupunktur tubuh. Hasilnya, daya tahan tubuh semakin kuat, mengurangi rasa sakit atau nyeri, dan mengembalikan fungsi utama tubuh dan mengurangi stress. Terapi konfensional untuk kanker secara umum dianggap menyakitkan dan menimbullkan cacat.

Seperti pengobatan radiasi atau penyinaran, bedah dan kemoterapi. Dari survei yang pernah dilakukan di Amerika sekitar 15-25% penderita kanker di Inggris, memanfaatkan terapi alternatif, salah satunya lewat akupunktur. Sekalipun masih belum secara tegas dapat memperpanjang usia hidup penderita kanker, dari dari banyak pendapat yang dikemukakan oleh dokter di AS, dimana terapi Akupunktur dapat meningkatkan kualitas hidup pasien.

Secara spesifik, akupunktur yang diterapkan untuk mengobati kanker bekerja berdasarkan rangsangan-rangsangan pada titik tertentu di permukaan tubuh. Titik-titik itu merupakan reseptor fungsional terhadap fungsi tertentu sistem organ secara umum. Sistem tersebut mempunyai dasar peningkatan sistem humoral atau penimbul rasa senang dan meningkatkan rangsangan lokal pada daerah yang di terapi sesuai titik-titik akupunktur.

Khusus untuk kanker, ada sejumlah fungsi utama yang dapat dimanfaatkan. Pertama, peningkatan endhorpin ( hormon yang berfungsi mengontrol rasa nyeri ) yang dapat dipakai untuk peningkatan nilai ambang nyeri. Kedua, Peningkatan sistem kekebalan tubuh humoral. Ketiga peningkatan produksi sel darah oleh sumsum tulang. Dan ke empat, peningkatan fungsi organ tubuh seperi lambung, paru, jantung, dan usus besar.

Baca Juga :   10 Obat Herbal Diabetes yang Ampuh

Penerapan akupunktur untuk nyeri kanker, biasanya dengn terlebih dahulu mencari sumber rasa nyerinya. Untuk penggunaan nyeri sebaiknya akupunktur dilakukan sebagai penunjang pengobatan yang dilakukan secara medis. Sehingga, bisa menghindari pemakaian morfin sebagai penghilang rasa nyeri untuk sementara waktu. Pemanfaatan titik general merupakan hal yang utama. Misalnya, titik lambung, limpa, hati, usus besar, dan jantung. Dan biasanya desertai dengan rangsangan yakni tonifikasi atau menguatkan daya tahan tubuh. Untuk itu perlu dilihat daerah keluhan dan nyeri kankernya.

Pada penderita yang memiliki kondisi psikologis depresif, biasanya menghindari tusuk jarum. Ketakutan itu biasanya bisa ditangni dengan memanfaatkan sinar laser yang bisa meredam rasa nyeri. Sinar laser yang dipakai adalah jenis lunak dengan panjang gelombang 600-1300 mm. Lewat penyinaran laser ini, setiap titik general akupunktur diberikan tenaga 1 joule.

Tujuannya, supaya ada peningkatan kekebalan tubuh. Sementara penyinaran dengan daya 2 Joule, bertujuan mengatasi daerah yang terasa nyeri atau yang mengalami kekejangan. Pemakaian sinar laser bisa menimbulkan efek samping misalnya jaringan sekitar ikut terpapar. Karena itu pengetahuan medis tentang kanker dan jaringan tubuh bagi si akupunktur sangat diperlukan. Jika praktek akupunktur diterapkan pada titik-titik general dapat mengurangi rasa nyeri. Jika akupunktur diterapkan pada banyak titik, bisa bermanfaat untuk membunuh sel-sel kanker dan sekaligus memproduksi sel pelawan kanker.

Karenanya, akupunktur  dalam beberapa teknik akan sangat menguntungkan penderita kanker. Terutama untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Sehingga, meski mengidap kanker penderita masih bisa melakukan berbagai kegiatan, misalnya, rekreasi. Ini berarti kualitas penderita makin baik.

Akupunktur Menunjang Pengobatan Kanker | admin | 4.5