Manfaat Daun Bawang
Daun Bawang

14 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan dan Kecantikan

By On Thursday, May 3rd, 2018 Categories : Manfaat Sayuran

Daun bawang yang memiliki latin Allium fistulosum adalah salah satu bumbu masak yang hampir selalu ada di setiap masakan khas Indonesia. Mulai dari telur dadar, gorengan, martabak telor, hingga sop. Kadang juga digunakan sebagai bumbu tabur seperti pada soto. Namun, manfaat daun bawang tidak hanya sebatas untuk masakan tapi juga untuk kesehatan dan kecantikan.

Seperti bawang merah dan bawang putih, daun bawang juga memiliki aroma yang khas. Aroma yang menggugah selera makan. Dan di balik aromanya yang khas itu, tersimpan manfaat yang besar bagi kesehatan. Daun bawang baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, daun bawang juga baik untuk penderita diabetes, mengatasi anemia, antibakteri dan kaya akan antioksidan.

Bukan cuma untuk kesehatan, bumbu dapur yang satu ini juga bermanfaat untuk dunia kecantikan. Diantaranya, dapat membantu program melangsingkan badan, menghilangkan jerawat, mencegah penuaan dini, mencerahkan dan meremajakan kulit. Bisa juga digunakan sebagai masker rambut untuk mengatasi rambut rusak.

Untuk mendapatkan daun bawang tidaklah sulit. Sayuran ini banyak terdapat di supermarket maupun pasar-pasar tradisional. Agar awet, daun bawang sebaiknya disimpan di lemari pendingin utuh dengan akarnya. Jika akarnya dipotong, maka akan cepat membusuk.

Apa yang membuat bawang daun ini menjadi sangat bermanfaat? Tentunya kandungan senyawa di dalamnya. Tanaman yang masuk dalam keluarga Alliaceae ini memiliki kandungan kandungan vitamin A, K dan C tinggi, asam folat, kalsium, potassium, protein, lemak, karbohidrat, serat dan rendah kalori.

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan

Kabar baik bagi Anda yang doyan menyantap makanan dengan bawang daun, karena ternyata bumbu dapur tersebut sangat baik untuk kesehatan. Manfaat daun bawang untuk kesehatan diantaranya sebagai berikut.

Baca Juga :   Manfaat Pare untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Diet